Rabu, 19 Agustus 2015

AYO BERMAIN MENYERANG DAN BERTAHAN DENGAN BINTIK PANJANG DEKAT MEJA


TEKNIK MENYERANG DAN BERTAHAN BERMAIN BINTIK PANJANG DEKAT MEJA

Oleh: Richard McAfee
Pelatih
Bersertifikat Nasional USATT (Persatuan Tenis Meja Amerika Serikat)

(diterjemahkan dan dimodifikasi oleh : Danu)

Banyak pemain senior (berusia lebih  45 th) bertanya kepada saya tentang bagaimana bermain mengunakan bintik  panjang, khususnya untuk bermain dekat meja. Gaya ini sangat populer dengan para pemain tenis meja yang lebih tua karena memungkinkan mereka untuk memperlambat permainan dan untuk memfokuskan pada penggunaan keterampilan tangan daripada gerakan dan kekuatan untuk menang dalam pertandingan.

Melalui  pelatihan dengan robot teknik sangat berguna untuk belajar dan berlatih secara konsisten, sehingga pemain dapat menyerang dengan gaya ini. Bahkan, kalau anda berlatih secara sesius dengan gaya ini, banyak pemain lawan dapat  frustasi dan tidak ingin berlatih dengan Anda sama sekali. Karena bola yang dihasilkan sangat sulit dikendalikan. Dengan catatan pemain yang masih berada di tingkat  Dasar dan trampil sering kerepotan. (dalam literature tenis meja dikenal dengan istilah pemain tingkat dasar, trampil dan mahir, serta professional).
 
Mari kita lihat enam stroke dasar yang harus di pahami setiap pemain yang bermain dengan karet bintik panjang dekat meja. Semua stroke ini digambarkan sebagai stroke backhand.
1. Angkat terhadap backspin: Stroke ini dilaksanakan dengan
bet sedikit terbuka. Stroke ini  sangat sederhana. Pada saat bola kontak dengan bet, dorong maju dan sedikit naik. Gunakan sebagian lengan bawah dan bukan pergelangan. Stroke ini, ketika dijalankan dengan bintik panjang, memungkinkan Anda untuk menggunakan backspin lawan untuk menghasilkan serangan topspin yang dikendalikan. Ini adalah satu-satunya langkah yang dapat Anda hasilkan dalam wujud topspin kemudian diikuti pukulan dengan kecepatan.
2. Serangan sidespin terhadap backspin: Ini adalah pukulan stroke yang tidak biasa untuk pemain bintik panjang, yaitu dengan pukulan terbalik. Stroke dijalankan seperti lift lurus terhadap backspin, tetapi pada saat bola kontak bet, maka bet didorong ke depan dan menarik ke kanan.
Usahakan dengan santai, jangan tegang dan kaku. Pukulan ini akan menghasilkan bola mati ( no-spin). Stroke ini dapat memaksa banyak kesalahan dari lawan Anda.
3. Menyerang backspin dengan mendorong: Mendorong dengan
karet bintik panjang bisa sangat agresif. Ketika mendorong, jika terjadi kontak ringan dengan bola, maka bolanya kembali akan menjadi bola mati (no-spin). Hal ini menyebabkan banyak pengembalian yang tinggi dan sangat mudah untuk ditembak keras.
4.
Serangan balik Terkontrol: Kunci untuk menyerang dengan bintik panjang melawan topspin adalah mengendalikan kecepatan pengembalian Anda. Jangan over-hit. Karena bola darii Anda akan berubah menjadi backspin, sehingga bola yang cepat terkendali didepan net lawan, bola tersebut dapat seolah-olah berhenti dan pasti lawan akan melakukan chop ringan. Anda harus siap menyerang untuk membunuh. Secara umum, jika Anda menggunakan bintik panjang tanpa spon pukulan ini akan sangat lambat dan membawa backspin berat. Sekali lagi, terus stroke sederhana hanya menggunakan gerak dorongan maju, dengan lengan bawah. Ingat, ketika menyerang dengan bintik panjang, biarkan bet anda melakukan pekerjaan untuk Anda. Ini adalah spin selalu berubah pada pengembalian Anda yang akan memaksa kesalahan dari lawan, bukan kecepatan pengembalian Anda.
5.
Bertahan dengan Blok memotong: Stroke ini terlihat seperti namanya-blok dengan gerakan memotong ke bawah. Ketika digunakan untuk melawan topspin berat, stroke ini dapat menghasilkan keuntungan chop berat. Seringkali lawan akan dipaksa mendorong kembalii, yang akan memungkinkan Anda untuk menyerang.
6. Pullback blok (Blok Tarik): Terhadap serangan topspin, Anda cukup tarik raket Anda sedikit kembali di kontak, sehingga mengambil hampir semua kecepatan dari bola. Ini dapat digunakan untuk menghasilkan pengembalian yang sangat lambat depan net, sehingga tidak mungkin bagi lawan untuk melanjutkan serangan. Teknik ini terbaik dengan bintik panjang
tanpa spons.
Bermain dekat meja dengan bintik panjang dan dengan teknik yang benar, maka akan menhasilkan bola yang goyang-goyang tidak karuan (pating penyonyo/bahasa jawa). Ketika digunakan dengan benar, maka dapat membuat lawan susah dan akhirnya pulang latihan atau bertanding tidak bisa tidur mikiran bola yang pating penyonyo tersebut. Untungnya, apabila anda latihan dengan robot, maka robot tersebut tidak “sambat” (mengeluh) mikirin bola anda yang goyang-goyang tidak karuan menebar racun. Hati-hati dengan racun bintik panjang tanpa spons bisa bikin penyakit pikiran lawan. Selamat berlatih semoga mampu menebar pukulan pating penyonyo***).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar