Minggu, 15 Februari 2015

GENERASI BARU HARUS DITEMPA

OPTIMISME PTM GARUDA PERDAGANGAN
Oleh: Danu(PTM Garuda Perdagangan, Bojong Gede, Bogor)


Pembinaan, pembibitan dan pengembangan olahraga prestasi dan olahraga masyarakat merupakan bagian yang penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang sehat dan penuh vitalitas. Olahraga prestasi menjadi amat penting dalam abad kompetisi saat sekarang. Spirit kompetisi dan sportivitas harus dibangun dan dibentuk melalui olahraga. Pembinaan, pembibitan dan pengembangan olahraga tersebut diarahkan pada peningkatan kualitas prestasi, jasmani, karakter, dan mental rohani, untuk membentuk watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas tinggi guna meningkatkan rasa berprestasi sekaligus jiwa kekeluargaan diantara sesama warga masyarakat yang menyukai olahraga, sehingga mampu memupuk kerjasama dan solidaritas yang tinggi serta meningkatkan kualitas olahraga dan mutu kebugaran masyarakat.
Tenis meja sebagai salah satu cabang olahraga yang popular baik ditingkat Internasional maupun nasional, ataupun lokal. Dalam perkembangannya saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia baik masyarakat umum maupun kalangan komunitas lokal. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya olah raga tenis meja yang diadakan baik di klub-klub, masyarakat maupun di kantor-kantor. Kegiatan olahraga tenis meja akan mampu memberikan nuasa baru dalam menumbuhkan rasa berprestasi, menjalin kekerabatan, persaudaraan antar sesama masyarakat. Komunitas tenis meja di wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor sangat potensial untuk dikembangkan kearah tersebut di atas. Banyak anggota PTM baik anak-anak, remaja, maupun orang tua yang mempunyai bakat dan hobbi tenis meja tentunya mempunyai potensi yang sangat baik untuk ditingkatkan dan dikembangkan. Hal ini perlu mendapat perhatian dan pembinaan serta pembibitan. Oleh karena itu perlu dibentuk suatu forum organisasi yang mewadahinya, sehingga prestasi dan eksistensinya dapat diakui sebagai bentuk organisasi olahraga yang mampu menyemai potensi sekaligus tempat memupuk jiwa korsa dan sportivitas yang pada akhirnya menciptakan jiwa yang unggul dalam olahraga Tenis meja.
Tenis meja di Kabupaten Bogor dan Kota Bogor merupakan olahraga yang mempunyai prospek yang sangat bagus, banyak bakat dan potensi serta atensi yang sangat laur biasa dari masyarakat. PTM-PTM yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor menjadi tempat untuk menyediakan dan menyemaikan calon-calon atlet tenis meja. Agar PTM menjadi lebih berkembang dan mampu menjadi wadah bagi potensi/bakat Tenis meja diperlukan pembinaan, dukungan dan bantuan dari berbagai lembaga, instansi dan masyarakat yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap olahraga Tenis Meja.
Foto di bawah ini adalah salah satu contoh tumbuhnya kepedulian akan komitmen terhadap pembibitan tenis meja (dilakukan oleh PTM Garuda Perdagangan) yang belum mendapat sentuhan dari PTMSI baik di Kabupaten maupun Kota, khususnya di wilayah Bogor. Tentu banyak PTM-PTM yang melakukan hal seperti ini. Anak-anak seusia mereka sangat banyak sekali yang dapat diarahkan ke olahraga  tenis meja, asal orang tua, pembina dan pelatih menyatu dalam suatu gerakan peduli Tenis Meja. Bagaimana kelanjutan pembibitan ini? ini pertanyaan yang mendasar. Adakah kepedulian kita semua? PTMSI tentu organisasi yang mempunyai tanggung jawab untuk menggerakkan dan membina ini semua. Anak-anak ini nantinya akan menjadi penerus dan pengganti para petenis meja kita, tapi apabila tidak ada kelanjutannya, maka mereka akan putus di tengah jalan dan tidak menjadi atlet tenis meja yang handal. Semoga pengorbanan mereka ada yang memperhatikan.



 Sumber foto: Nurul Huda. Foto: Dari kiri ke kanan, Pak Anang Pelatih anak-anak PTM Garuda Perdagangan, Dela, Dia, dan Azrina. Mereka berlatih 3 kali seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar